brrrrr

Jumat, 22 Juli 2011

Bikin Yamaha Jupiter-Z Gak Lemot Lagi

Solusi supaya Yamaha Jupiter-Z enggak lemot kaitannya dengan kondisi kampas kopling. Seperti kampas kopling Jupiter-Z milik Airul yang tinggal di Natar Lam-Sel, ini jadi gak bisa pergi kuliah. "Memang beberapa hari ini Yamaha Jupiter-Z keluaran 2008 milik saya jadi agak lemot," kata Airul.

Karena gak mau ambil risiko, pria berbadan gempal ini mengelandangnya ke bengkel BAMB Motor Sport.
Di sana pria yang kerap disapa Inul ini bertemu dengan Andreas. Inul menceritakan apa yang telah dialaminya.

Andre pun ingin tahu apa yang diderita motornya. Setelah dibongkar baru ketahuan kalau kampas kopling sudah habis.

“Maklum namanya motor sudah lama pasti habis terkena gesekan. Kalau peranti ini mengalami keausan, motor dipastikan akan selip dan boros bensin," urai Andre.



 Punya FR80 lebih tebal dari punya Jupiter-Z
Sistem kerja kampas kopling adalah memberi dongkrakan ke mesin saat pengendar memasukkan gigi, karena kampas kopling salah satu peranti transfer tenaga. Karena kerjanya bergesekan dengan pelat kopling, maka mau tidak mau itu pasti akan habis,” tambah mekanik ramah ini.

Biar lebih awet dan tenaga makin oke, Andre mengadopsi kampas kopling Suzuki FR-80 menggantikan bawaan Jupiter-Z. Untuk pakai kampas kopling Suzuki ini butuh penyesuaian. Emangnya gak langsung pasang apa ya?

Ya enggak lah. Karena kampas kopling FR80 lebih lebar dan tebal ketimbang Jupiter, maka tempat wadah KK atau biasa disebut kaki empat mesti dikikis sesuai ukuran kampas kopling.

“Seandainya part itu tidak dipapas, kampas kopling enggak akan bisa dipasang," tutur pria humoris ini.

Merembet ke yang lain? Tentunya! Karena selain itu, rumah kopling juga ikut diperbesar dengan cara praktis. Yakni, digerinda atau dikikir bagian kaki-kakinya. “Kurang lebih 1-2 mm,

untuk pir kopling pasang punya Suzuki Smash,setelah seting selesai tenaga yang di salurkan jadi mantap tanpa ada slip kopling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar